Jumat, 31 Desember 2010

My Secret Love


Nggak ada yang tahu kalo gue suka sama dia. Dia yang selalu duduk di bangku belakang gue, dia yang suka ngobrol seperlunya sama gue, dia yang tingkahnya nggak menjadi pusat perhatian di kelas, dia yang cinta banget sama sepak bola, dan dia yang cinta banget sama ibunya. Gue suka dia dan nggak ada yang tahu kalo gue suka sama dia, termasuk dia.
Sebenernya, gue sering ngeliatin perasaan gue ke dia lewat tingkah gue. Tapi karena sifat gue yang lebih banyak nggak seriusnya dan hobi gue yang suka bercanda, jadinya dia ngebales hal yang sama tanpa gue tahu apakah dia serius atau nggak.
“Heh, gue suka sama lo!” kata gue.
“Gue juga!” bales dia sambil ngelengos gitu aja.
“Huh, beneran nggak ya?” pikir gue.
Bulan puasa lalu, kelas gue ngadain buka puasa bareng di rumah salah satu temen sekelas gue. Acaranya pas terakhir hari masuk sekolah sebelum libur lebaran. Dia punya paviliun yang sering dipake buat acara kumpul bareng temen sekelas.
“Temen-temen, sesuai kesepakatan uang yang mesti dikumpulin ke bendahara cuman delapanbelas ribu, udah termasuk takjil dan paket ayam bakar. Jam lima sore besok, kalian semua harus udah pada ngumpul di rumah gue. Oke?” seru Putri, saat jam kelas kosong.
“Ra, lo ikutan kan?” tanya Lisa, temen sebangku gue.
Gue jawab, “Nggak tahu. Kalo gue ikut, gue bingung pulangnya gimana.”
“Iya ya, rumah lo kan paling jauh dari pusat kota, apalagi dari rumah Putri. Dasar anak gunung, sih!” goda Lisa.
Gue otomatis manyun. “Huh!”
“Eh, gimana kalo lo nginep di rumah gue aja?” tawar Lisa.
“Kalo dipikir-pikir, nginep di rumah lo boleh juga. Tapi gue takut ngerepotin pas entar sahurnya. Gue nggak enak sama keluarga lo!” kata gue.
“Kalo gitu, nyari jemputan aja!”
“Hm.. adek gue mana berani ngejemput gue jauh-jauh. Apalagi acaranya malem jumat. Dia kan, parno banget!”
“Minta bantuan temen-temen aja. Siapa, kek, yang berani dan tulus nganterin lo sampe rumah. Nggak punya pacar sih, lo! Kalo aja punya, lo pasti nggak repot nyari kurir anter-jemput!”
“Emangnya lo sendiri punya pacar apa? Kalo niatnya buat anter-jemput sih, apa bedanya sama tukang ojek?”
“Haha.. bisa aja lo! Eh, gue ke toilet dulu ya. Nggak kuat, nih!” akhir Lisa, kocar-kacir.
Kalo udah ada acara kayak gini, gue jadi bingung minta jemputan sama siapa. Andai aja rumah gue nggak nyempil di ujung kota, pasti nggak bakalan masalah. Jika nggak ada alternatif solusi lain, kemungkinan terakhirnya gue nggak bakalan ikutan acara buka bareng ini. Tapi sayang banget kalo nggak ikutan. Soalnya, ini acara buka bareng terakhir sama temen sekelas. Tahun depan mungkin kita semua udah pada nyebar di berbagai universitas.
“Irfan, lo ikutan acara bubar nanti, kan?” tanya Zulmi, temen sebangku Irfan.
“Um.. gue nggak tahu, soalnya malem itu pas banget sama acara keluarga gue!” jawab Irfan yang duduk di bangku belakang gue.
“Pokoknya lo harus ikut, ya! Sayang kalo lo nggak ikut!” akhir Zulmi, sambil ninggalin Irfan di bangkunya.
Gue berbalik ke belakang dan liat mukanya Irfan yang cakep. “Lo jadi ikut?”
“Um... nggak tahu, bisa iya bisa nggak,” jawab Irfan. “Lo sendiri?”
“Gue juga nggak tahu. Gue bingung entar pulangnya gimana. Solusi pertama gue nginep di rumah Lisa, tapi gue nggak mau ngerepotin keluarganya di bulan puasa. Solusi kedua gue bayar tukang ojek buat nganterin sampe rumah, tapi gue nggak tahu mesti bayar berapa. Solusi ketiga nyari pak haji buat nyeramahin adek gue dan ngeyakinin adek gue kalo bulan puasa itu nggak ada setan yang gentayangan, tapi gue nggak yakin bakalan berhasil. Solusi keempat, gue nggak dateng ke acara bubar,” jelas gue panjang lebar.
Irfan ketawa renyah. “Gimana kalo lo pilih solusi yang ke lima?”
“Hah? Apa?”
“Lo dateng ke acara bubar, terus pulangnya dianterin sama gue?”
Serasa hujan duit di musim paceklik. “Yang bener lo?”
“Iya, kalo lo mau. Jadi, gue bisa pastiin kalo gue bakalan dateng ke acara bubar nanti.”
“Lo bakalan nganter gue sampe rumah?”
“Iyalah. Ngebiarin cewek pulang malem sendirian itu nggak baik, lho!”
Aduh, gue ngelayang banget dia bilang gitu. “Oke deh, gue pilih solusi yang ke lima. Kalo lo dateng gue pasti dateng!”
“Bagus. Kalo lo dateng, gue juga pasti dateng!”
Nggak lama, Lisa sama Zulmi dateng.
“Jadi, lo bakalan ikut kan?” tanya Lisa dan Zulmi hampir berbarengan.
“Iya. Kalo Irfan dateng gue bakalan dateng!” jawab gue.
“Gue juga. Kalo Ira dateng, gue juga bakalan dateng!” kata Irfan.
“Wah, tumben!” sahut Lisa.
“Irfan bakalan nganter gue sampe rumah, jadi gue nggak usah khawatir buat pulangnya nanti,” jelas gue.
“Ah elu mah, kalo diajakin sama cewek aja mau!” sahut Zulmi.
Irfan cuma ketawa nanggepin Zulmi. Ketawanya itu loh, seolah-olah mengiyakan bahwa karena gue dia rela maksain dateng ke acara bubar padahal dia ada acara keluarga di waktu yang sama, itu yang bikin gue semakin kege-eran dan berpikir kalo dia juga suka sama gue.
Sampe di hari-H acara bubar, gue dateng telat di tempat acara karena faktor jarak dan macet. Kalo bulan puasa, tiap sore jalanan pasti macet karena banyak yang ngabuburit. Pas gue nyampe, temen-temen lagi giliran ke kamar mandi buat ngambil air wudlu.
“Ra, dasar tukang telat! Nih, takjilnya. Lo batalin dulu puasanya, terus solat!” kata Evie, panitia konsumsi.
Gue cuman bisa senyum dan nyari tempat duduk buat buka puasa dengan segelas pisang ijo yang pastinya bakalan seger banget.
Setelah baca doa, gue pun makan. “Wah, enak dan seger!”
“Gue kira lo nggak nepatin janji!” kata Irfan, yang tiba-tiba duduk di pinggir gue.
“Janji?”
“Iya, janji. Kalo lo dateng, gue juga dateng. Gue kira tadi lo nggak jadi dateng dan bikin gue nyesel dateng ke acara ini!”
“O ya? Jadi lo nyesel kalo gue nggak dateng ke sini?” goda gue sekaligus mencari kebenaran.
“Um... ya, maksud gue. Gue nyesel karena gue nggak jadi ikut ke acara keluarga gue buat dateng ke sini. Ah, gue solat magrib dulu, deh!” singkatnya, sambil pergi.
“Huft, selalu aja kayak gini!”
Setelah solat dan makan-makan, gue sama temen-temen sekelas berfoto ria sambil ngobrol-ngobrol. Karena takut kemalaman di jalan, akhirnya kita semua membubarkan diri dan ini akan menjadi perjalanan yang menyenangkan buat gue. Ini adalah malam pertama gue dibonceng sama cowok selain sama bokap dan adek gue. Selain itu, cowok yang ngebonceng gue adalah cowok yang gue suka selama dua tahun ini. Hm... senengnya! ^.^
Udara malam ini dingin banget, kirain nggak bakalan sedingin ini. Nyesel deh, dari rumah cuman bawa cardigan bukan jaket.
“Lo nggak bawa jaket?” tanya Irfan.
Gue menggeleng. “Nggak, tapi gue bawa ini!”
“Ah, itu tipis banget. Nih, pake ini!” Irfan mengeluarkan jaketnya dari kotak bagasi motornya.
“Wah, makasih ya!” Gue pun pake jaket yang baunya wangi parfum Irfan. “Anget banget! Eh, lo pake apa?”
“Gue kan, pake ini!” serunya, sambil memperlihatkan jaket kulitnya.
Setelah siap, kami pun berpamitan sama temen-temen dan memulai perjalanan.
“Wih gila, dingin banget!” kata gue.
“Tadi kan, abis ujan. Jadi udaranya kayak gini,” timpal Irfan.
“Bensin lo full nggak? Rumah gue kan, jauh!”
“Nggak, ntar di pom bensin depan gue isi.”
“Lo tahu rumah gue nggak?”
“Nggak tahu, tapi gue tahu daerahnya. Ntar kalo udah deket, lo kasih tau aja jalurnya ke mana!”
“Lo nggak nyesel nganterin gue, kan?”
“Nggak.”
“Kenapa?”
“Bawel lu! Kalo lo ngajak ngobrol terus, gue nggak konsen merhatiin jalan.”
“Oh, maaf!” gue menciut dan langsung diem.
Sampe setengah perjalanan, Irfan ngisi bensin di pom yang jaraknya masih lumayan jauh dari rumah gue. Karena tanki bensinnya ada di bawah jok, gue terpaksa turun dan nunggu di bawah sinar lampu pom. Mata gue merah karena kena angin dan gue nggak pake helm. Alhasil tatapan mata gue jadi agak remang-remang. Yang gue tatap adalah Irfan yang wajahnya keliatan blur, lalu gue ngeliat sesuatu dari Irfan. Gue kucek-kucek mata gue dan melihat dengan jernih kalo Irfan senyum ke arah gue. Senyumannya itu bukan senyum yang biasa, senyum yang bikin gue melayang ke awan.
Setelah bensin terisi, kami pun meneruskan perjalanan dalam diam.
“Heh, kok, diem?” seru Irfan.
“Kan katanya kalo gue ngajak ngobrol terus, lo nggak bakalan konsen merhatiin jalan. Gue nggak mau kali, bikin malam ini jadi malam terakhir bagi kita!”
“Haha.. dangdut banget lo!”
“Yey, emang iya!”
“Hahaha.. Kenapa lo nggak minta jemput sama pacar aja?”
“Pacar? Pacar gue di Korea, nggak mungkin gue minta jemputan dia!”
“Dunia khayal!” goda Irfan.
“Biarin. Hey, nggak ada yang marah kan, kalo lo nganterin gue?”
“Nggak. Siapa?”
“Ya pacar lah, masa tukang parkir!”
“Hahaha.. nggak. Nggak ada yang berani marah dan ngelarang apa yang gue mau!”
“Serem banget!” desis gue.
“Apa?!”
“Nggak!”
Akhirnya setelah perjalanan yang terasa panjang, gue nyampe juga di depan rumah.
“Huft, akhirnya nyampe juga!”
“Jauh juga rumah lo, ya!”
“Iya, lewati lembah, sungai, pasar, jembatan, hutan, kota, sekolah, lapang, dan yang lainnya.” Gue buka jaket Irfan dan ngembaliin langsung. “Ini, pake dobel aja. Dingin banget tau! Nanti di jalan, lo jangan maen kebut-kebutan, jangan ngajak balapan sama angkot sini soalnya doi preman semua, kalo ada tikungan liat-liat, kalo ngantuk cepet parkir di tukang wedang jahe, pokoknya langsung pulang ke rumah!”
“Nyokap gue aja, nggak pernah kayak gini ke gue,” gumam Irfan yang sangat jelas terdengar.
“Gue nggak mau jadi saksi kalo misalnya terjadi apa-apa sama elu!”
“Ya jangan ngedoain gitu, lah!”
“Iya dong. Kalo udah nyampe, sms gue. Oke?”
“Oke. Kalo gitu, gue langsung pulang aja ya!”
“Nggak mau mampir dulu?”
“Nggak usah deh, udah malem.” Irfan ngebalikin motornya. “Gue pulang ya!”
“Iya. Makasih banget atas tumpangannya!”
“Yo!” Irfan pun meluncur.
Hm... meskipun nggak ada kejadian yang romantis di atas motor tadi, gue tetep seneng dan makin suka sama dia. Satu jam kemudian, gue pikir Irfan pasti udah nyampe di rumahnya. Tapi dia nggak ngesms gue. Karena takut kenapa-napa, gue ngesms duluan.
Ira : Irfan, lo udah nyampe rumah dengan selamat sentosa?
Lama nggak dibales, akhirnya dibales juga di menit ke-20.
Irfan : Alhamdulillah selamet..
Ira : Tanpa kekurangan suatu apapun? Kaki kurang sebelah mungkin ato tangan?
Irfan : (:DDDDDD) tak kurang sedikitpun.
Ira : Syukur deh, kalo gitu. Jangan kapok ya nganterin gue!
Irfan : Nggak bakalan.
Ira : Yang bener?
Irfan : Apapun bakalan gue lakuin buat lo :P
Gue melotot sambil terbang tinggi. “Hah? Yang bener? OMG! Yah, meskipun diakhiri dengan tanda menjulurkan lidah, gue berharap itu bener!”
Ira : So sweet... hha. Ya udah deh, met malem dan semoga mimpi indah.
Irfan : Ok, sama2. Bye
Ira : Bye^
Itu adalah awal gue makin deket sama dia. Di kelas, gue sering bercanda sama temen sebangku gue karena Lisa itu emang enak di ajak bercanda. Kadang-kadang Lisa marah-marah karena nggak tahan direcokin sama gue.
“Hua! Irfan, Lisa marahin gue!” adu gue, iseng.
“Heh Lisa, nggak bisa apa nggak ngegangguin Ira?” balas Irfan, tak disangka.
“Hah? Eh, Ira duluan tuh yang ngegangguin gue!” sewot Lisa.
Lagi-lagi, gue ngelayang karena dia. Terus, waktu Lisa lagi deket sama Arsyan dan Lisa juga suka bercanda sama Arsyan, Lisa suka ngeklaim kalo dia pacarnya Arsyan dan Arsyan pun nerima klaiman itu.
“Arsyan, beliin gue penggaris. Penggaris gue abis dimakan Ira!” goda Lisa, yang lagi kumat.
“Apapun akan aku lakukan buat Lisa seorang!” jawab Arsyan.
“Haha... Oh jadi gitu? Arsyan, sebenernya lo suka sama siapa? Lisa ato gue?” goda gue.
“Oh, iya. Ira juga deh!”
“Hey, demi siapa? Demi gue ato Ira?”
“Iya, demi Lisa.”
“Kalo gue?”
“Iya, demi Ira juga.”
“Ah, gue nggak terima!” sewot Lisa.
“Gue juga!” sewot gue, yang bener-bener gatel bercanda sama mereka.
“Ah, gue juga bingung! Pusing gue!” Arsyan garuk-garuk kepala. “Heh, Irfan! Lo sama Ira aja deh, tuh! Gue pusing kalo punya bini dua!” seru Arsyan ke Irfan, yang lagi cekikian ngeliatain tingkah 3 Idiots di hadapannya.
“Hhaha.. Hokeh!” jawab Irfan mengacungkan jempol.
Gue bener-bener ngarep kayak gitu! Terus, waktu gue lagi males keluar kelas buat jajan—sebenernya bukan males, tapi lagi tanggung ngerjain tugas. Hari itu, gue lagi pengen banget makan es mungil bermerk ‘Enak Coy’. Then, gue liat Irfan masuk kelas sambil makan es itu.
Gue natap sambil ngiler. “Mau...”
“Mau?” Irfan merogoh sakunya dan memberikanku satu es ‘Enak Coy’.
“Asiik!!”
Lisa natap gue, ngiler juga. “Gue juga mau, Irfan..”
“Sori, gue cuman beli dua!”
Bungkus es ‘Enak Coy’ itu gue awetkan di laci meja belajar gue. Kemudian, waktu Desri promosi payung di musim hujan gue melayang lagi. Kali ini bukan sama Irfan, tapi sama Lisa. Payung yang dipromosiin Desri lucu-lucu dan kebetulan gue sama Lisa lagi nggak punya payung yang praktis. Tapi sayang, Desri datang bersama payungnya di masa kritis keuangan.
“Lucu banget! Gue pengen, tapi nggak punya duit!” kata Lisa.
“Gue juga!” tambah gue.
Lisa kumat lagi. “Minta dibeliin sama Arsyan ah...”
“Elo sih, enak ada Arsyan. Nah, gue?”
“Lo kan, ada Irfan! Minta dibeliin aja sama dia!”
Irfan? Kok, bisa-bisanya dia ngusulin nama Irfan buat jadi dompet ke-2 gue? Siapa dia? Hm... btw gue seneng Lisa ngomong gitu.
Suatu hari entah kenapa dari jam istirahat gue cegukan terus menerus. Gue coba jalan-jalan terus minum di kantin tapi tetep cegukan itu nggak berhenti. Abis itu gue balik lagi ke kelas dan duduk di bangku.
“Haduh, berhenti dong!” geram gue.
Nggak lama, Irfan datang dan ngeliatin gue. Otomatis gue juga ngeliatin dia. Dia terus ngeliatin gue tapi nggak ngomong apa-apa. Ajaibnya cegukan gue langsung berhenti.
“Lho, kok, jadi berhenti?” bingung gue.
Irfan senyum. “Hm.. Makanya, jangan jauh-jauh dari gue kalo mau nggak cegukan!”
“Hah? Apa hubungannya cegukan sama jangan jauh-jauh dari dia?” kata gue dalem hati. Hati gue berbunga-bunga banget saat itu. “Gue janji nggak bakalan jauh-jauh dari lo!” seru gue yang dibales cengiran Irfan.
Lalu, waktu gue sakit di kelas. Tiap tahun, entah kenapa gue selalu ngalamin demam mendadak di sekolah. Demamnya juga nggak tanggung-tanggung, nyampe 39 . Gue cuman bisa tiduran sambil duduk di bangku. Selain Lisa dan temen-temen yang lain, Irfan jadi salah satu yang keliatan khawatir sama gue. Untuk kali ini, gue nggak kege-eran.
“Ra, lo pulang aja gih! Merah banget muka lu tuh!” tawar Dilla.
“Pulang? Nggak ah..”
“Iya, mendingan pulang aja. Gue anterin!” tawar Irfan.
Sebenernya gue mau, tapi gue lebih milih bertahan di sekolah karena gue takut nggak kuat panas-panasan di atas motor. Akhirnya, gue dibopong sama temen-temen buat minum obat dan tidur di UKS. Di UKS yang jagain gue, Lisa dan gantian sama Dilla. Setelah minum parasetamol, gue tidur.
“Dia udah baikan?”
Gue tahu persis kalo itu suara Irfan. Gue nggak bisa tidur nyenyak di tempat yang bukan kamar gue sendiri. Jadi yang gue lakukan hanyalah merem.
“Belum. Panasnya belum turun, tapi tadi udah minum obat, kok!” jawab Lisa, sambil megang kening gue.
“Duh, gimana sih! Nggak bisa apa, sekolah beli obat yang lebih manjur?!”
Gue cuman hanya bisa senyum setelah mendengar itu. Yang terakhir dan yang paling berkesan, waktu gue lagi capek-capeknya ngurusin karya tulis, sehabis UAS dan saat Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) sekolah. Waktu itu, gue nyerah nyari guru pembimbing buat minta tanda-tangan. Karena capek keliling sekolah, akhirnya gue masuk kelas dan duduk di salah satu bangku. Kebetulan, anak-anak cowok lagi pada ngumpul di kelas dan gue satu-satunya cewek yang ada di situ.
“Heh, Ra. Nggak takut apa sama kita?” sahut Nurdin.
“Gue nggak bakalan takut sama kalian!”
“Haduh, ini bini gue yang satu kenapa?” kata Arsyan, dengan otaknya yang lagi korsleting.
Gue yang tadinya loyo, langsung melotot. “Hah? Bini lo? Maksud?”
“Haha... Heh, Ira itu punya gue!” sentak Irfan ke Arsyan, sambil cekikikan.
Tadinya gue hampir ngemutilasi Arsyan, tapi nggak jadi karena Irfan. Tiba-tiba aja dia bilang ke Arsyan dan di hadapan temen-temen cowok lainnya, kalo gue punya dia. OMG! Gue serasa dipanah asmara sama Cupid yang menari-nari di atas kepala gue. Tapi sayangnya, Irfan bilang gitu sambil ketawa-ketiwi. Temen-temen juga nanggepinnya nggak serius. Mereka berpikir bahwa apa yang Irfan ucapkan adalah fiktif belaka. Gue juga berpikir kayak gitu.
Sebenernya Irfan itu suka nggak ya, sama gue? Kalo nggak suka kenapa dia suka bikin gue ngelayang dan berbunga-bunga? Kenapa dia kadang-kadang jadi yang lebih perhatian ke gue? Kapan sih, dia ngomong sesuatu yang bikin gue ngelayang tapi dalam keadaan yang serius? Kapan dia utarakan isi hati dan perasaannya ke gue?
Tapi kalo dipikir-pikir, gue lebih suka Irfan dan gue yang sekarang. Gue lebih suka Irfan yang suka ngomong sesuatu yang indah sambil bercanda dan cekikikan. Gue lebih suka Irfan yang tiba-tiba perhatian dan tiba-tiba biasa aja. Gue suka Irfan yang tulus tersenyum dan melakukan sesuatu untuk gue.
Gue juga suka sama diri gue yang seperti ini. Gue yang selama 2 tahun ini menyukai Irfan secara diam-diam. Gue yang suka bercanda sama Irfan dan bisa memancingnya untuk menunjukkan sosok Irfan yang apa adanya. Gue yang kadang-kadang manja ke Irfan. Gue yang selalu bingung apakah Irfan suka atau nggak.
Selain itu, gue juga suka hubungan gue sama Irfan yang seperti ini. Hubungan pertemanan yang terlihat indah daripada pacaran. Hubungan yang membuat kita bisa saling terbuka satu sama lain. Hubungan yang fleksibel dan tak terikat seperti ini. Hubungan yang lebih mengutamakan solidaritas dibanding yang lainnya.
Nggak kebayang kalo gue sama Irfan pacaran bakalan kayak gimana. Tapi takdir bisa saja membuatnya terwujud. Yang terpenting untuk sekarang ini adalah let it flow—membiarkannya mengalir. Gue percaya, semuanya bakalan indah pada waktunya. Jadi siap-siap aja buat menghadapi kejutan di akhir cerita.
“Irfan, thank’s for everything. You give me a spirit of love that makes me feel so strong and happy everyday. Thank’s to be my secret love for this moment.”
~ the end ~

2 komentar:

  1. Tiap sesuatu itu memiliki hal yang indah sobat jadi jalani aja dan tetap jaga diri yah

    BalasHapus